Blog tentang Bisnis, Blogging, dan Kesehatan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit untuk mengetahui seseorang terkena h...

Kenali Seja Dini, Berikut Makanan Pantangan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit untuk mengetahui seseorang terkena hipertensi, tanpa mengukur tekanan darah.

Karena hal inilah, penyakit hipertensi menjadi salah satu penyakit yang sering membuat masyarakat umum menjadi was-was.

Terdapat berbagai macam faktor yang bisa membuat orang terkena hipertensi. Salah satu faktor pemicu hipertensi adalah makanan. Makanan ini bisa dikatakan sebagai faktor yang paling berpengaruh, tetapi meskipun demikian masih saja sering diabaikan.

Bagi sebagian orang tidak menyadari dan tidak terlalu peduli terkait apa saja yang mereka makan tiap hari, apalagi kandungannya. Bagi Anda yang ingin menjaga tekanan darah pada kisaran normal, dapat mulai menjalani kebiasaan mencermati dan memperhatikan asupan makanan dan kandungannya.

Penderita hipertensi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi sodium atau natrium. Makin sedikit natrium yang Anda konsumsi, maka tekanan darah anda akan semakin terkendali. Makanan dengan kandungan natrium yang tinggi antara lain makanan kemasan dalam kaleng, makanan diproses, dan makanan siap saji.


Sebaliknya dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium, magnesium, dan serat untuk membantu mengendalikan tekanan darah. Jika perlu, buat catatan harian untuk mengukur porsi garam dalam makanan yang Anda konsumsi.

Jika Anda mengonsumsi makanan dalam kemasan, sebaiknya baca labelnya untuk melihat komposisinya.

Anda dapat membuat perubahan secara bertahap, misalnya membatasi asupan natrium sekitar satu sendok teh per hari. Ketika tubuh sudah beradaptasi, maka kurangi lagi hingga sekitar 2/3 sendok the per hari. Untuk menambah rasa dan aroma makanan, Anda dapat menggunakan bumbu rendah natrium seperti berbagai macam rempah alami lain atau cuka.

Untuk lebih jelasnya, berikut makanan pantangan hipertensi atau makanan yang harus dihindari jika Anda memiliki tekanan darah tinggi :

Kopi

Jika Anda punya kebiasaan minum kopi dan mengidap tekanan darah tinggi, kini saatnya menghilangkan kebiasaan ini. Sebenarnya tidak hanya kopi, Teh dan soda pun dapat meningkatkan tekanan darah. Semua ini penyebabnya adalah kafein yang ada pada minuman-minuman tersebut.

Daging dan makanan olahan

Kedua jenis makanan ini kerap diolah dengan cara diawetkan dengan menggunakan garam. Hal ini bertujuan agar tahan lama dan bias dikonsumsi dalam waktu yang lama. Dengan demikian makanan ini menjadi tinggi natrium yang berbahaya bagi penderita hipertensi.

Acar

Acar mentimun memang nikmat di lidah dan menjadi salah satu makanan favorit, tetapi proses pembuatannya memerlukan garam agar mentimun tidak cepat busuk. Inilah yang membuat Anda disarankan menghindarinya agar tekanan darah tidak melonjak.

Saus kalengan

Saus tomat, saus pasta, dan jus tomat yang sudah dikemas di kaleng mengandung kadar natrium tinggi. Dalam satu cangkir saus-saus tersebut mengandung lebih dari 450 mg natrium yang berpotensi menaikkan tekanan darah.

Kulit ayam dan makanan berlemak lainnya

Kulit ayam dan makanan berlemak lain, seperti daging merah, susu berlemak, dan keju, dan mentega, mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenis ini dapat meningkatkan kolesterol jahat, hingga memperburuk tekanan darah tinggi Anda.

Itulah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan natrium tinggi. Jadi, jika anda berniat menghindari atau mencegah penyakit hipertensi maka sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi makanan-makanan diatas. Atau bahkan jika bisa anda tinggalkan sama sekali.

0 komentar: