Blog tentang Bisnis, Blogging, dan Kesehatan

Buah bit adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang sering digunakan untuk pengobatan alami. Ada banyak cara untuk mengonsumsi buah bit...

8 Manfaat Buah Bit Yang Perlu Diketahui



Buah bit adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang sering digunakan untuk pengobatan alami. Ada banyak cara untuk mengonsumsi buah bit ini , mulai dari: dijus, kukus, panggang, rebus, bahkan dimakan mentah.

Sebenarnya Bit ini bukan termasuk kedalam buah-buahan melainkan umbi-umbian. Buah bit ini memiliki warna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah seperti tanaman umbi-umbian pada umumnya.

Dalam buah bit mengandung mineral didalamnya, seperti float, kalium, magnesium, sodium, vitamin C, zat besi dan mengandung nutrisi protein, karbohidrat, serat dan tentunya vitamin.

Bukan hanya nutrisi dan juga mineral buah bit juga mengandung antioksida yang dapat menangkal radikal bebas, meningkatkan kolagen, menangkal penuaan dini, mengurangi efek peradangan dan masih banyak lagi.

Banyak yang menyangka bahwa umbi ini adalah buah, karena memiliki beraneka nutrisi seperti buah pada umumnya. Berikut adalah manfaat yang kita dapat jika mengonsumsi "buah" bit ini:

Baik bagi Ibu Hamil dan Janin

Buah bit tinggi akan zat float. Ibu hamil diwajibkan untuk memakan-makanan yang mengandung zat float. Float dapat mengurangi resiko terjadinya bayi prematur, bukan hanya itu zat float ini juga dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Baik bagi Penderita Diabetes

Bagi Kalian yang mengidap diabetes, buah bit ini dapat memperbaiki kadar gula darah yang signifikan. bukan hanya itu, kandungan antioksida asam alpha-lipoic pada buah bit dapat membantu penyembuhan pada saraf yang sedang rusak pada penderita diabetes dan dapat mencegah kerusakan pada sel.

Memelihara Kesehatan Saluran Pencernaan

Kandungan nutrisi, serat, dan antioksida yang dimiliki buah bit dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa buah bit dapat mencegah kerusakan pada dinding saluran pencernaan yang disebabkan karena konstipasi, kanker usus besar dan peradangan.

Mencegah Terjadinya Kanker

Salah satu manfaat buah bit yaitu dapat mencegah perkembangan kanker pada tubuh. Dari hasil pengujian di laboratorium bahwa ekstrak dari buah bit mengandung betasianin dan antioksidan yang dapat menekan perkembangan sel kanker.

Memiliki Sifat Antiradang

Manfaat buah bit dapat menekan peradangan dan juga mencegah kerusakan pada dalam tubuh. Sebenarya proses peradangan adalah sebuah respon alami pada tubuh untuk melawan benda asing yang masuk dalam tubuh. Namun jika peradangan tersebut berlangsung lama, maka akan berdampak buruk pada kesehatan misalnya, kerusakan pada jaringan tubuh dan kerusakan pada pembuluh darah.

Mencegah Pikun

Kandungan nirit yang terdapat pada buah bit dapat memperlancar peredaran darah menuju otak dan meningkatkan aliran oksigen ke tempat yang kekurangan oksigen. Jadi jika Kalian meminum jus buah bit dapat mencegah terjadinya pikun.

Mencegah Kinerja Otot dan Saraf

Buah bit yang kaya dengan kandungan mineral kalium dapat membantu kinerja saraf dan otot. Dengan saraf dan otot yang bekerja dengan baik maka akan mencegah terjadinya irama jantung yang tidak karuan dan mencegah keram pada otot.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Jika buah bit di konsumsi maka kandungan nitrat pada bit akan diubah menjadi nitrit oksida. Zat nitrit oksida ini dapat menurunkan tekanan darah. Menurut beberapa penelitian bahwa buah bit mengandung pigmen merah betasianin dan antioksidan yang berperan untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung. Jadi jika Kalian meminum jus buah bit walaupun sedikit  maka akan mampuh menurunkan tekanan darah.


Walaupun buah bit memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, namun bukan berarti Kalian dapat mengonsumsinya dengan berlebihan. Jika Kalian berlebihan justru akan ada dampak buruk bagi tubuh seperti penurunan kalsium dalam tubuh dan dapat merusak ginjal.

0 komentar: