Blog tentang Bisnis, Blogging, dan Kesehatan

Salah satu cara untuk menikmati hidup yang lebih sehat dan lebih lama adalah dengan benar-benar berhenti untuk merokok. Jika Kalian b...

Cara Mudah Berhenti Merokok dengan Cepat Dan Total

Cara Berhenti Merokok -Blue Shark


Salah satu cara untuk menikmati hidup yang lebih sehat dan lebih lama adalah dengan benar-benar berhenti untuk merokok.

Jika Kalian berniat untuk berhenti merokok, tetapi masih belum menemukan cara yang ampuh untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Jangan khawatir, karena masih banyak cara yang dapat Kalian jalani untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Kalian harus terus mencoba untuk menghentikan kebiasaan merokok walau sudah mengalami kegagalan.

Hal yang harus Kalian ingat yaitu berhenti merokok adalah suatu proses yang perlu Kalian jalani secara terus menerus dan membutuhkan kesabaran, tekad, dan komitmen.

Ada beberapa cara untuk menghentikan merokok yang mungkin bisa ampuh untuk Kalian yang ingin menghilangkan kebebiasaan ini.

Menghindari Stres

Salah satu alasan seseorang merokok adalah untuk menghilangkan stres, seseorang akan merasakan rileks setelah mereka merokok.

Jika Kalian merasa stres cobalah hilangkan stres dengan cara mendengarkan musik, pijat, olahraga ataupun yoga.

Pada awal percobaan untuk menghentikan merokok, cobalah Kalian untuk menghindari situasi yang dapat membuat Kalian menjadi stres.

Hindari Pemicunya

Sebisa mungkin hindari faktor atau pemicu yang membuat Kalian ingin kembali merokok, seperti berkumpul dengan teman-teman perokok, minum kopi, atau meminum minuman keras.

Tetapi jika Kalian terbiasa merokok setelah makan, maka Kalian harus mencari pengganti untuk merokok seperti menggosok gigi, makan makanan ringan atau mengunyah permen karet.

Libatkan Teman Dekat dan Keluarga

Beri tahu teman teman terdakat dan juga keluarga bahwa Kalian sedang menjalankan proses untuk berhenti merokok. Dukungan dari orang-orang terdekat dapat membantu Kalian untuk berhenti merokok.

Mereka yang membantu untuk mengingatkan bahwa Kalian sedang menjalankan proses untuk berhenti merokok jika Kalian sudah mulai mengininkan merokok.

Terapi Prilaku

Terapi prilaku adala sebuah bentuk bimbingan konseling yang membantu Kalian untuk tetap fokus pada strategi menghentikan prilaku merokok.

Terapi prilaku ini pada umumnya akan memadukan dengan terapi penggantian nikotin atau obat-obatan untuk memaksimalkan keberhasilannya.

Terapi ini bukan hanya untuk berhenti merokok saja, tetapi juga untuk membantu Kalian mengatasi masalah kesehatan mental dan prilaku seperti depresi dan stres.

Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah juga dapat membantu Kalian tetap fokus untuk berhenti merokok.

Dengan cara membersihkan rumah dari aroma rokok dan semua hal yang dapat memicu Kalian untuk merokok. Cucu semua yang mengandung aroma rokok dan buang semua yang berkaitan dengan rokok.

Olahraga

Dengan berolahraga hasrat untuk menikmati nikotin akan berkurang. Saat Kalian ingin merokok, maka kenakanlah sepatu olahraga dan lakukan aktifitas olahraga ringan, seperti joging, berenang dan sekedar berjalan kaki berkeliling desa.

Cobala untuk bergabung dengan klompok atau klub kebugaran untuk mendapatkan teman-teman yang memiliki pola hidup sehat, karena linkungan yang sehat dapat membantu kalian tetap fokus untuk malakukan proses berhenti merokok.

Pola Makan Sehat

Pola makan sehat tidak kalah mentingnya untuk membantu Kalian untuk berhenti merokok. Selama Kalian masih terbiasa merokok, pada umumnya akan merasa kurang berselera untuk makan, hal ini dikarenakan efek nikotin pada rokok berdampak pada indera perasa.

Saat Kalian berhenti Merokok, dengan menjalankan pola makan sehat dapat menjadi satu langkah untuk memberi nutrisi pada tubuh.

Hipnosis

Hipnosis dipercaya dapat mengubah prilaku seseorang untuk berhenti merokok. Saat dihipnosis, Kalian akan merasa lebih rileks, mampu berkonsentrasi, dan dapat menerima saran untuk berhenti merokok.

Dengan cara ini, tidak sedikit orang telah berhasil untuk berhenti merokok. Beberapa dokter juga merekomendasikan hipnosis ini untuk cara menghentikan kebiasaan merokok.

Akupuntur

Akupuntur yang diterapkan pada bagian telinga dapat mencadi salah satu cara berhenti merokok. Walau cara akupuntur ini belum terbukti keefektifannya secara ilmiah.

Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba terapi alternatif ini dengan seorang terapis yang berlisensi.

Obat-obatan

Jika beberapa cara diatas tidak berhasil, maka Kalian dapat menempuh dengan langkah medis. Obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dapat menggurangi hasrat Kalian untuk merokok dengan cara mempengarui proses kimia dalam tubuh.

Obat ini dapat membuat Kalian merasa bahwa merokok tidak lagi dapat memuaskan. Bukan hanya itu obat tersebut juga dapat mengurangi efek kecanduan nikotin seperti tidak dapat berkonsentrasi dan depresi.

Pikirkan Keuntungannya

Berpikirlah bahwa jika Kalian benar benar berhenti merokok maka Kalian akan mendapat banyak manfaat,  contohnya:

  • Menjadi lebih sehat, Jika Kalian benar-benar berhenti merokok berarti menurunkan tingkat resiko stroke, kanker, dan serangan jantung.
  • Menghemat uang Kalian yang tadinya digunakan untuk membeli rokok.
  • Kulit Kaian akan lebih bersih dan cerah.
  • Orang-orang bahkan anak-anak yang berada di sekeliling Kalian akan terhindar dari bahanya merokok pasif.

Terus Berusaha

Jika Kalian terus menerus gagal untuk berhenti merokok, maka itu adalah hal yang wajar. Berhenti merokok harus memiliki niat dan tekat yang kuat serta konsistensi dan kesabaran.

Gagal sekali bukan berarti Kalian tidak bisa berhenti merokok. Banyak orang yang akhirnya benar-benar berhenti merokok selamanya setelah Mereka mencoba terus menerus untuk berhenti.


Sebagai langkah awal, Kalian harus mengurangi jumlah rokok yang Kalian isap perhari sebagi cara untuk berhenti merokok. Kalian harus menetapkan target mingguan hingga Kalian benar-benar berhenti untuk merokok.

Blia perlu, Kalian konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar dapat benar-benar menghentikan kebiasaan merokok ini.

0 komentar: