Blog tentang Bisnis, Blogging, dan Kesehatan

Handphone adalah salah satu teknologi yang dapat sangat membantu menjalankan kegiatan sehari-hari, misalnya komunikasi dan dalam pekerja...

4 Dampak Radiasi Handphone Terhadap Kesehatan Manusia

Dampak Radiasi Handphone Terhadap Kesehatan

Handphone adalah salah satu teknologi yang dapat sangat membantu menjalankan kegiatan sehari-hari, misalnya komunikasi dan dalam pekerjaan.

Walaupun dapat mempermudah kegiatan sehari-hari tetapi di sisi lain, ada beberapa efek dari gelombang radiasi handpone yang dapat merusak tubuh.

Radiasi gelombang radio yang dipancarkan oleh handphone, dapat menyebar ke segala arah bahkan kedalam tubuh. Gelombang radiasi handphon berbeda dengan gelombang radiasi jenis lain seperti CT scan dan sinar X pada foto rontgen, yang memang berbahaya bagi tubuh jika terpapar terlalu sering.

Efek Radiasi Handphone

Berikut adalah beberapa kemungkinan efek yang ditimbulkan handphone jika Kalian terlalu sering terpapar radiasi handphone:

Dampak Terhadap Kesuburan Pria

Jika saat pria menelpon menggunakan hands-free biasanya handphone ditaruh pada saku celana. Dikarenakan letaknya berdekatan dengan organ intim , maka akan berdampak pada kesuburan pria tersebut.

Sperma yang sering terpapar oleh radiasi handphone akan mengalami kerusakan, menurunkan kemampuan gerak, dan daya hidup sperma tersebut.

Dampak Terhadap Ibu Hamil

Para ibu hamil diharuskan untuk berhati" saat menggunakan handphone. Dikarenakan gelombang radiasi pada handphone dapat mempengaruhi lapisan pelindung yang mengelilingi sel saraf otak pada janin.

Jika anak yang terlahir dari ibu hamil yang terlalu sering terpapar gelombang radiasi handphone, maka anak tersebut beresiko mengalami gangguan perilaku, tumbuh kembang dan juga kemampuan bicara pada anak.

Efek Radiasi dan Kanker

Kaitan antara radiasi handphone dengan kanker sebenarnya masih rancu. Dari beberapa penelitian dan observasi para ahli dalam kesehatan seperti Badan Kesehatan Dunia (WHO), gelombang radiasi pada handphone diperkirakan dapat menimbulkan kanker pada manusia.

Dampak Radiasi Pada Anak-anak

Anak-anak yang sering terpapar glombang radiasi handphone akan berdampak pada terbentuknya kelainan jaringan dan metabilisme sel-sel otak.

Pada anak-anak sangat beresiko mengalami kerusakan pada tubuh akibat terpapar radiasi dari handphone, hal ini dikarenakan tengkorak pada anak lebih tipis ketimbang tengkorak orang dewasa, dan jaringan otak pada anak-anak lebih mudah menyerap.

Cama Meminimalkan Dampak Radiasi Handphone pada Tubuh

Jika Kalian memang khawatir dengan efek yang ditimbulkan oleh gelombang radiasi handphone, ada beberapa tips untuk meminimalkan dampaknya, yaitu:

  • Gunakanlah handphone sesuai kebutuhan,
  • Pakai handset atau hands-free, ataupun pengeras suara, ketika menerima panggilan,
  • Jangan membiarkan anak berlama-lama memainkan handphone,
  • Jauhkan handphone yang tidak digunakan dari tubuh,
  • Untuk mengurangi pancaran radiasi handphone, lebih baik saat berkomunikasi menggunakan pesan singkat.


Sejauh ini, para penelitian baru menemukan beberapa efek buruk yang disebutkan di atas. Masih dibutuhkan penelitan yang lebih lanjut untuk mengetahui dampak buruk dari gelombang radiasi handphone pada kesehatan.

0 komentar: